Dari seorang teman neh, Semoga Bermanfaat.. .!!!
Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu
Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada
juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas.
Semakin banyak lagi pilihan kita.
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain
mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja
yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai
oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan
seterusnya.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih
tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada
mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi
juga. Wah jadi bagaimana dong?
Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur
yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio /
CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan
dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke
titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada foto, bahwa CR mesin
mobil Timor DOHC S515i adalah 9.3 : 1
Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin
mobil timor tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 92, yaitu
bensin Pertamax.
Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR
pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin
berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang
tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal
sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi,
bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh
ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah "Ngelitik"
(pinging/knocking) . Bagaimana menggambarkan 'kejam'nya ngelitik yang
dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku. kira-kira
begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan. dan
bahkan bisa bolong!.. hiiii..
Saat terjadi 'ngelitik', bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja
mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan
bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin
lambat terbakarnya (oktan tinggi).
Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa
intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.
Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?
Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya
dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak
memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih
'bertenaga'.
Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka
ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.
Kesimpulan:
- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada
modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar
(dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan
rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan
penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
Solusi Alternatif
Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin
yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami 'ngelitik', antara lain:
- Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
- Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung
timbal, tidak ramah lingkungan).
- Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih
lambat (Retard).
- Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya) .
- dan lain-lain.
Fakta.
Pada kenyataannya. . banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor baru
yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium.
Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin
motornya.. atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.
Berkat bantuan banyak teman baik dari beberapa milis, saya coba kumpulkan
dan sajikan daftar Rasio Kompresi untuk mobil dan motor berbagai merek. Atas
segala keterbatasan dan kekurangan saya, mohon maaf apabila mobil atau motor
Anda belum terdaftar, bagi yang mempunyai data untuk melengkapi silahkan
tambahkan pada kolom komentar.
semoga bermanfaat!
dari djohari@gartratours.co.id